Cara Mudah Mengusir Alergi


Cara Mudah Mengusir Alergi

Oleh : Innes
Ilustrasi
Foto : Ist
Ghiboo.com - ​Serangan alergi biasanya muncul karena berbagai sebab, mulai dari debu, makanan, hingga perubahan cuaca. Kondisi tubuh yang sensitif biasanya rentan menyebabkan serangan alergi.

Nah, Ivillage, Senin (11/6) memaparkan beberapa cara mudah mengatasi serangan alergi tanpa perlu harus ke dokter dan sangat praktis.

'Keramas' bulu mata Anda
Mata Anda gatal dan kemerahan? Menurut peneliti di Rumah Sakit Long Island Brooklun, segera sabuni kelopak dan bulu mata dengan shampoo bayi dua kali sehari. Cara ini akan mengurangi kemerahan, rasa gatal, berair dan bengkak pada mata hingga 90 persen.

"Baby shampoo yang lembut menghilangkan penyebab alergi lengket yang menempel di sekitar mata," jelas Clifford Bassett, MD, direktur medis Perawatan Alergi dan Asma New York.

Yogurt tawar
Menurut peneliti Italia, dua cangkir plain yogurt setiap hari bisa mencegah alergi sekaligus membantu penderita mengurangi gejalanya hingga 40 persen.

"Bakteri baik di yogurt bertindak sebagai anti-peradangan, molekulnya yang memberi kekebalan tubuh untuk tetap tenang ketika bertemu pemicu alergi," jelas Jeanne Drisko, MD, kepala pengobatan integratif di University of Kansas Medical Center.

Lantas kenapa mesti bebas gula? Menurut peneliti di Gainesville University of Florida, secangkir yogurt manis mengandung 6-10 sendok teh sirup jagung fruktosa tinggi, sebuah pemanis buatan yang dapat memperburuk kondisi Anda.

Es Teh manis
Teh hitam atau teh hijau bisa menjadi senjata Anda melawan alergi. Menurut peneliti di USDA, kedua teh tersebut mengandung antioksidan yang mampu menghentikan immunoglobulin E, pemicu bagi alergi di musin semi.

Celup kantong teh kemasan ke dalam cangkir selama tiga menit untuk meningkatkan kadar antioksidan. Rutinlah meminum teh tersebut sebanyak 24 ons sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nyemil kenari
Menurut penelitian dalam Journal Eropa Clinical Nutrition, menyantap makanan yang kaya asam alfa-linolenant (ALA), sebuah lemak omega 3 yang ditemukan dalam kenari, bisa meredakan kondisi alergi.

"Lemak sehat ini membuat sistem kekebalan tubuh Anda terorganisir dan menjadi kuat untuk melawan virus, sel kanker dan hal buruk lainnya sehingga tidak bereaksi berlebihan pada tubuh," jelas Fred Pescatore, MD, pakar nutrisi dan penulis The alergi dan Asma Cure.

Nikmati dua ons kenari setiap hari untuk memberikan kekebalan tubuh dari serangan alergi.

Coba minyak perilla (minyak wijen)
Dalam penelitian terbaru di Japan's Kyoto Prefectural University of Medicine, minyak ekstrak herbal perilla membantu mengurangi reaksi alergi, menenangkan mata gatal dan gejala sinus, serta menghilangkan gangguan pernapasan, seperti asma, dalam waktu tujuh hari.

Perilla mengandung rosmarinic acid dan luteolin, senyawa dalam tanaman yang membantu mengurangi peradangan, sekaligus membantu mematikan sel-sel darah putih abnormal.  SOURCE
Share this article :
 

Artikel Lainnya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger